Bunga Pertama

21.15 adit 0 Comments


Bebi Romeo punya ‘Bunga Terakhir’, kalo aku punya ‘Bunga Pertama’. Kalo kamu ‘Bunga Bangke’, bercanda atuh, kamu kan Bunga Pasir.

***

Waktu itu aku masih duduk di bangku SMP karena aku lagi belajar, kalo aku duduk di bangku kepala sekolah itu berarti aku kurang ajar. HIdup sebagai anak SMP itu susah-susah gampang. Susah kalo lagi ngerjain ujian, gampang kalo ngelakuin kesalahan. Ujungnya paling cuma dibilangin kaya gini

‘Namanya juga anak SMP, masih kecil. Lagi peralihan wajar nakal dan blablablaaa lainnya’

Makanya ada yang bilang anak SMP itu ABG nanggung, dibilang kecil ga terlalu kecil dibilang besar belum besar-besar amat. Yaaa kalo ibarat buah nih, udah mulai besar tapi belum mateng.

Anak SMP, masih minim pengalaman, belum tau manis asin paitnya kehidupan kadang malah masih ingusan. Hal yang diketahui anak SMP yaa satu, yang dia lakuin itu bener, makannya disini peran keluarga dan orang terdekat sangat dibutuhkan. Anak SMP juga waktu seneng-senengnya caper (cari perhatian, cari peralatan, cari perumahan, cari perempuan, dan caper caper lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu) oleh karena itu anak SMP jangan sampe kurang perhatian apalagi kurang kasih sayang. Yaaa waktu aku SMP kurang lebih sama seperti itu, suka caper. Apalagi caper ke perempuan (perempuan yang dimaksud disini sesama murid yaa bukan ke bu guru atau bu kantin, aku masih tau batas wajar). Apalagi baru tau yang namanya pacaran, semakin rajin-rajinnya cari perhatian.

Bicara soal pacaran, aku pertama kali pacaran waktu SMP. Sekarang baru kepikiran, dulu mikir apaan ya sampe pacar-pacaran segala, sekarang aja malah jadi bulukan, kalah sama jaman SMP. Waktu itu awal mula pacarannya kalo dipikir-pikir ga masuk di akal. Gatau ini sebuah hal yang layak untuk dibicarakan atau dibanggakan, tapi ini bener-bener pengalaman.

Berawal dari sebuah game facebook. Aku sama dia emang udah kenal lebih dulu karena kita satu ekskul jadi wajar kalo kita berteman di facebook. Ohiya sebut aja dia Mawar. Dulu juga lagi jaman-jamannya facebook-an. Di facebook itu ada game The Sims yang kebetulan aku dan Mawar sama-sama main game itu. Awalnya biasa aja ga ada yang spesial atau yang aneh, aku main ya dirumah aku sendiri, dia main ya gatau dimana suka-suka dia. Sampai pada suatu saat kita saling kirim barang kebutuhan di game itu.

Aku kirim inilah itulah terus dia kirim balik itulah inilah pokoknya ada aja barang yang dikirim setiap harinya, tapi itu semua masih wajar karena emang game itu butuh barang-barang kiriman kaya gitu. Setiap harinya kita makin intensif di game itu, lalu semua berubah ketika kerajaan api menyerang. Eh bukan, semua berubah ketika kita menikah. Iya, aku sama Mawar menikah di game tersebut. Dengan menikahnya kita di game itu, aku sama Mawar juga jadi semakin deket. Awalnya cuma chat sekedar tentang game berubah menjadi lebih deket dan lebih intensif. Sampai suatu saat entah gimanya caranya aku sama dia pacaran. Aneh emang, tapi ini beneran.

Setelah kita pacaran yaa apa sih yang dilakuin anak SMP pacaran. Lagi pula pengalaman dan kemampuan aku pacaran waktu SMP masih di bawah KKM. Aku sama dia berduaan paling waktu pulang sekolah aja, itu juga di angkot dan jatohnya bukan lagi berduaan karena ada mamang angkot. Posisinya kalo kita engga duduk sebelahan, kita duduk depan-depanan, kalo lagi marahan kita diem-dieman sepanjang jalan. Gitu aja berulang setiap hari.

Sampai pada waktunya hari perpisahan sekolah tiba. Disitu setiap kelas bikin penampilan, kebetukan kelas aku kebagian nyanyi bareng-bareng satu kelas dan di akhir lagu kita ngebagiin bunga mawar merah ke setiap guru yang ada. Diem-diem aku nyimpen satu bunga. Buat siapa? ya buat si Mawar. Aku udah nyusun rencana sedemikian rupa biar aku bisa ngasih ini bunga ke Mawar. Aku juga minta bantuan teman aku namanya Madu, dia juga temennnya Mawar.

Jadi gini rencananya, aku diem di kelas dan Madu dengan segala caranya ngajak Mawar biar mau ke kelas. Selanjutnya aku kasih bunga yang udah aku siapain ke Mawar. Selesai. Simple, sederhana kaya Rumah Makan Sederhana tapi nikmat. Setelah semua rencana aman dan kedua belah pihak (aku sama Madu) paham kita siap melaksanakan rencana itu.

Aku diem di kelas gelisah, geli-geli basah (keringet dingin maksudnya, grogi gitu) nunggu Mawar dateng. Setelah nunggu cukup lama akhirnya Mawar dateng, masuk dari pintu. Ya masa dari jendela dikira dia maling. Eh dia emang maling, maling hati aku. Tjiaaaa basi. Mawar masuk dari pintu dengan rambutnya yang berkibar-kibar kena angin kaya bendera waktu upacara. Matanya berbinar-binar, langkahnya pelan slow motion kaya di film-film. Sampe akhirnya Mawar udah di depan aku. Aku sempet diem bingung gimana cara ngasihnya ke dia.

‘Emm Mawar’
‘Iyaa?’
‘Jadi gini…’
‘Gini gimana?’
‘Emm akuu’
‘Iyaa kamu, terus?’
‘Aku mauuu…’
‘Kamu mauu?’
‘Aku mauu….’
‘Emm mau apaa? Kamu mau boker? Pantes tadi aku masuk kelas kaya nyium bau apa gitu. Gaenak banget baunya’
‘Bukan Mawar bukan’
‘Terus ini bau apa dong?’
‘Mulut kamu Mawar, mulut kamu terlalu deket sama hidung’ tadinya aku mau bilang gitu tapi gajadi takut ngerusak suasana.
‘Bau itu kali, ada tai kucing di depan kelas’
‘Oohiya kali yaa pantes bau’
‘Jadi gini Mawar, aku mau kasih sesuatu buat kamu’
‘Kamu mau kasih apa? Jangan bilang kamu mau kasih tai kucing itu’
‘Ya engga lah Mawar masa aku kaya gitu. Aku mau kasih ini’ sambil ngasih bunga mawar ke Mawar disitu tangan aku gemeteran ‘Ini buat kamu’
‘Apa ini?’
‘Itu bunga, Mawar. Kamu jangan pura-pura gatau’
‘Iya aku tau ini bunga, tapi maksudnya?’
‘Maksudnya kamu simpen, kamu bawa pulang. Kamu tau jalan pulang kan?’
‘Iya aku tau. Makasih yaa’
‘Sama sama Mawar, ini bunga pertama yang aku kasih ke perempuan. Semoga kamu suka’
‘Iya aku suka, semoga lain kali kamu modal yaa. Ini bunga sisa tadi tampil kan?’
‘Eh iyaa hehee’

Terus pada akhirnya, hari itu adalah hari terakhir aku sama Mawar bisa bareng-bareng karena setelah itu kita bener-bener ga pernah ketemu lagi. Aku lupa kenapa bisa udahan sama Mawar, tapi kita sempet deket lagi waktu SMA. Setelah itu kita lost contact. Belakangan ini aku baru tau kalo Mawar udah hidup bahagia, dia udah nikah sama laki-laki kesayangannya dan membuat rumah tangga yang penuh kasih sayang. Aku gatau udah dari kapan dia nikah, soalnya aku ga diundang. Yaa gapapa, semoga dia selalu bahagia sama keluarganya. Mawar kalo kamu baca tulisan ini semoga kamu galupa kalo kita juga pernah nikah di The Sims, kalo aku juga pernah kasih bunga mawar untuk kamu Mawar.

***

Sekarang kalo aku inget-inget lagi kejadiannya waktu dulu, jadi suka ketawa-ketawa sendiri. Emang lucu ngetawain kehidupan sendiri di waktu dulu. Anak kecil pake seragam putih biru yang gatau apa-apa udah sosoan pacaran, sosoan ngasih bunga ke perempuan. Jadi kangen juga kehidupan di SMP, hidup suka-suka sendiri belum banyak beban sama pikiran. Tapi hidup harus terus maju, ga masalah sebentar liat ke belakang cuma sekedar mengenang. Selanjutnya kita harus liat ke depan, apa yang harus kita lakukan?. 

0 komentar: