Pulang Kampung Itu Mudik?

17.57 adit 0 Comments

Budaya. Bukan istrinya Pa Daya. Budaya yang ini sesuatu yang udah menjadi kebiasaan dan sulit diubah (KBBI). Budaya bisa ada dimana aja, di setiap negara, di setiap kota, di setiap daerah, di setiap adat, di hati kamu ada budaya atau aku? Hehhee.

Indonesia. Berbagai macam budaya bisa ditemukan disini. Tiap daerah, tiap adat masing-masing punya budayanya sendiri. Perbedaan budaya ini yang membuat adanya keberagaman, namun tetap satu. Bhineka Tunggal Ika namanya. Kalo kamu namanya siapa? Boleh kenalan? Hehhee lagi.

Mudik, salah satu budaya yang ada di Indonesia dan mungkin bukan cuma di Indonesia aja. Mudik atau pulang kampung biasanya ada di masa-masa lebaran atau Idul Fitri. Semua orang rame-rame pulang ke kampung halamannya sendiri. Kembali ke tempat kelahiran, ketemu orang tua, ketemu kakek-nenek, ketemu saudara, ketemu jodohnya kapan? Yaa mungkin masih disimpen, disimpen sama orang lain wahahahaseum.

Mudik itu identik sama yang namanya perjalanan jauh dan kemacetan. Kalo perjalanan mudik kamu jauh terus kena macet siap-siap aja kena gejala yang namanya panas pantat. Dimana pantat terasa panas-panas asoy diikuti rasa tidak nyaman membuat perjalanan menderita seketika. Gejala ini cuma menyerang kalangan manusia normal yang duduk pake pantat, kalo kamu termasuk manusia antimainstream yang duduk pake kepala mungkin bukan panas pantat tapi patah leher yang ada. Lagian suka iseng aja duduk pake kepala, ga sekalian pake idung?. Kalo aku sih no.

Aku sendiri pernah ngalamin mudik yang namanya kena macet. Perjalanan yang biasanya ditempuh semalem langsung sampe, gara-gara si macet jadi dua malem satu hari. Selama dua malem satu hari itu juga pantat ga bisa gerak bebas dan ga bisa merasakan udara segar. Panas pantat yang menjadi-jadi udah kronis di tambah keram. Geser kanan salah, geser kiri salah, didiemin makin ngamuk. Jadi serba salah kaya kalo marahan sama cewe. Gamau lagi-lagi kena macet berkepanjangan pantat jadi trauma.

Emang yang namanya macet bikin orang menderita. Kalo orangnya ga sabaran bisa-bisa emosi. Terus perang klakson terjadi 'Tettt tetttt' 'Tiiin tinnnn' 'Tiiitt titttt' 'Telolet teloletttt'. Seketika jadi konser klakson yang memicu emosi memuncak.

Lebaran dengan mudik, walaupun ada macet ada juga berkahnya. Bagi kaum muda nan tidak berpenghasilan pasti semangat kalo berkunjung ke rumah saudaranya. Bukan tanpa alasan, semua itu karena ada niat terselubung. Mereka mencari nafkah dadakan, iya apa lagi kalo bukan THR. Denger kata THR tiba-tiba mata berubah jadi merah biru ijo semua. Yaa kapan lagi ga kerja tapi dapet uang banyak kan lumayan itung-itung silaturahmi bonusnya uang.

Lebaran, Mudik, Macet, THR. Sesuatu yang gabisa dipisahkan. Kaya aku sama kamu eaawakwaw, aamiin. Walaupun mudik harus berjuang kena macet-macet dahulu semua itu ada hikmahnya. Ibarat mau mencapai sebuah tujuan kita harus berjuang terlebih dulu. Rela mati-matian demi sebuah tujuan karena ada hasil yang menunggu di depan.

Semua rela menerjang macet untuk mudik karena hasilnya bisa ketemu sama orang yang kita kasihi-sayangi. Apa sih yang engga buat orang yang kita sayang? Bisa ketemu kumpul sama keluarga tersayang, bisa silaturahmi sama keliarga saudara ditambah ada bonusnya: THR. 

Intinya Selamat Idul Fitri 1438 H. Selamat bermudik bermacet ria, selamat bertemu dan kumpul sama orang tersayang. Kalo boleh aku juga mau disayang hehhee. Jangan pelit-pelit yaa sama THRnyaa!

0 komentar: